Visi, Misi, Tujuan dan Moto Sekolah
VISI, MISI, TUJUAN DAN MOTO
VISI SEKOLAH :
†MENGASILKAN
INSAN BERKARAKTER DAN BERPRESTASI â€
Indikator VISI:
1.
Unggul dalam disiplin.
2.
Unggul dalam pengembangan kurikulum.
3.
Unggul dalam proses pembelajaran.
4.
Unggul dalam media pembelajaran.
5.
Unggul dalam prasarana pendidikan.
6.
Unggul dalam kelulusan.
7.
Unggul dalam kompetisi melanjutkan ke perguruan tinggi favorit nasional maupun
global.
8.
Unggul dalam prestasi akademik maupun non akademik.
9.
Unggul dalam aktivitas keagamaan.
10.
Unggul dalam kepedulian sosial dan
lingkungan (pengembangan kultur sekolah).
11.
Unggul dalam pemanfaatan teknologi informasi.
12.
Unggul dalam administrasi sekolah.
13.
Unggul dalam kelembagaan sekolah dan manajemen sekolah.
14.
Unggulan dalam berbudaya lingkungan.
MISI SEKOLAH
Untuk mencapai VISI tersebut, SMA
Negeri 1 Padang
Cermin mengembangkan misi sebagai
berikut :
1. Melaksanakan tugas dengan penuh disiplin yang dilandasi kesadaran dan rasa tanggung jawab tinggi.
2.
Menciptakan
jaringan kerja yang efektif dan efesien baik secara vertikal maupun horizontal.
3.
Melaksanakan
pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP).
4.
Memberikan
layanan pendidikan ,pembelajaran, bimbingan karir, yang bermutu sesuai tingkat
perkembangan peserta didik.
5.
Melaksanakan
proses pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.
6. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang seccara optimal sesuai dengan potensinya yang akan dijadikan bekal
untuk hidup di masa yang akan datang sebagai insan yang bertanggung jawab dan
mandiri.
7.
Melengakapi
sarana untuk media pembelajaran.
8.
Melaksanakan
pengembangan/menambah sarana prasarana pendidikan/sekolah.
9.
Mengusahakan
kelulusan 100% dengan rata-rata hasil US minimal 75.
10.
Mengusahakan
minimal 50% lulusan terserap di PTN/PTS ternama baik Regional, Nasional atau
Internasional.
11.
Melaksanakan pengembangan kegiatan-kegiatan yang menunjang prestasi akademik ( Olimpiade,
KIR, latihan UN dan SNMPTN, LCC, dll).
12. Melaksanakan pengembangan kegiatan-kegiatan yang menunjang prestasi non akdemik (Pramuka, ROHIS, PMR, UKS, Kesenian, Olah Raga dan lain-lain) .
13. Mengimplementasikan penghayatan dan pengalaman ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
14.
Menerapkan metode peneladanan dan pembiasaan untuk membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
15.
Melaksanakan
pengembangan kultur sekolah yang mengacu pada mutu.
16.
Mengembangkan sikap dan prilaku yang santun, jujur, peduli, beretika dan berestitika tinggi.
17.
Meningaktkan kesejahteraan
pendidik dan tenaga kependidikan
secara terus menerus.
18.
Membudayakan
pelestarian lingkungan, pencegahan, penanggulangan kerusakan dan pencemaran
lingkungan serta mewujudkan lingkungan yang asri.
19.
Melaksanakan pengembangan
kegiatan teknologi informasi.
20.
Melaksanakan
pengembangan keorganisasian sekolah.
21.
Melaksanakan
pengembangan administrasi sekolah.
22.
Melaksanakan
pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
23.
Guru
melanjutkan pendidikan ke jenjang strata yang lebih tinggi untuik meningkatkan
kompetensi diri.
24.
Melaksanakan
kegiatan tambahan untuk pengembangan
kompetensi bagi peserta didik secara periodik.
25.
Melaksanakan
evaluasi secara berkala terkait dengan perkembangan peserta didik.
26.
Melaksanakan manajemen partisipatif.
27.
Melaksanakan
pengembangan otonomi sekolah (manajemen berbasis sekolah).
28.
Melaksanakan
baksos dengan melibatkan masyarakat sekitar sekolah dan masyarakat secara umum
secara periodik.
29. Melibatkan masyarakat sekitar dalam perayaan hari bersejarah maupun keagamaan.
TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
1.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 siswa
mampu melaksanakan ajaran agama dengan
baik dan benar
2.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 siswa mampu
melaksanakan sholat Dhuhur dan sholat
Jum’at berjamaah di masjid terdekat secara disiplin bagi siswa beragama Islam
dan pembelajaran agama bagi siswa beragama selain Islam (Katholik, Kristen,
Budha, dan Hindu)
3.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 siswa mampu
menemukan cara belajar yang efektif dan effisien dalam mencapai tujuan
pembelajaran.
4.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 siswa mampu mengatasi
masalah diluar pembelajaran yang mempengaruhi proses dan tujuan pembelajaran
secara efektif.
5.
Pada tahun pelajaran 2022/2023 siswa yang diterima di perguruan
tinggi negeri semakin meningkat .
6.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 dengan kerja
keras siswa menjadi Juara Umum OSN tingkat Kabupaten Pesawaran bahkan Propinsi
Lampung.
7.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 menjadi
finalis LCC 4 Pilar MPR RI tingkat Nasional.
8.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 memiliki tim
O2SN (renang, bulu tangkis, pencak silat) yang mampu menjadi finalis di tingkat Propinsi,bahkan
tingkat nasional.
9.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 memiliki tim FL2SN
(Tari, Solosong, Desain grafis) yang
mampu menjadi finalis di tingkat
Propinsi bahkan Nasional.
10.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 memiliki tim
Bahasa Inggris (English speech ,Tim English
Debate, Pelajar Pelopor) mampu menjadi juara di tingkat Propinsi.
11.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 memiliki tim
Debat Bahasa Indonesia mampu menjadi
juara di tingkat Propinsi.
12.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 terwujudnya atmosfir sekolah yang tertib, aman, nyaman, dan sehat melalui gerakan
ketertiban dengan slogan Budaya 3M4S (3M: Melihat, Mengambil, Membuang dan 4S :Senyum,
Sapa, Salam, Sopan), Trias UKS dan 8 Gol
UKS, menu jajanan bebas 5P.
13. Pada tahun pelajaran 2022/2023 terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat.
14.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 konsep pendidikan adiwiyata terintergrasi dalam
pembelajaran.
15.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 sekolah mampu membudayakan pelestarian lingkungan, kepekaan
dalam pencegahan dan perbaikan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
16.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 sekolah mampu
menjadi Adiwiyata Mandiri.
17.
Pada
tahun pelajaran 2022/2023 sekolah mampu mengimplementasikan jiwa kewirausahaan
di sekolah.
18.
Mampu
menciptakan â€Sekolah Ramah Anakâ€.
19.
Tenaga pendidik
mampu mengembangkan model pembelajaran yang berfariatif.
20.
Tenaga
Pendidik dan Kependidikan mampu membuat administrasi yang baik sesuai dengan
keperluan dan tupoksinya
21.
Tenaga
pendidik dan Kependidikan mampu bersaing dalam mengikuti lomba baik tingkat
kabupaten kota, Provinsi maupun tingkat Nasional.
22.
Mampu
memberikan layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan/atau
kecepatan belajar peserta didik.
MOTO SEKOLAH