Supervisi Akademik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

Salah satu tugas kepala sekolah/madrasah adalah melaksanakan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal (Glickman, at al; 2007). Oleh sebab itu,  setiap kepala sekolah/madrasah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik.

Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah/madrasah antara lain adalah sebagai berikut.

1.         Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis dan naluri kewirausahaan

2.         Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah/madrasah atau mata pelajaran di sekolah/madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.

3.         Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.

4.         Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/ bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa.

5.         Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran.

6.         Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran.

 

 

1

Kompetensi supervisi akademik intinya adalah membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik adalah guru dalam melaksanakan pro­ses pembelajaran, yang terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, pelatihan ini  bertujuan untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik yang meliputi (1) Memahami konsep supervisi akademik; (2) membuat rencana program supervisi akademik; (3) menerapkan teknik-teknik supervisi akademik; (4) menerapkan supervisi klinis; (5) Melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik.

 

B.      Tujuan dan fungsi supervisi akademik

Tujuan supervisi akademik adalah:

a.      membantu guru mengembangkan kompetensinya,

b.      mengembangkan kurikulum,

c.       mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).

 

C.      Prinsip-prinsip supervisi akademik

a.      Praktis, artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah.

b.      Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.

c.       Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.

d.      Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya.    

e.      Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.

f.        Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran.

 

2

g.       Kooperatif, artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran.

h.      Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran.

i.        Demokratis, artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.

j.        Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.

k.       Humanis, artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor

l.        Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).

m.    Terpadu, artinya menyatu dengan dengan program pendidikan.

n.      Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).

 

D.     Dimensi-dimensi subtansi supervisi akademik

a.      Kompetensi kepribadian.

b.      Kompetensi pedagogik.

c.       Kompotensi profesional.

d.      Kompetensi sosial.

 

 

 

 

 

 

 

3

BAB II

GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH

 

A. Sejarah Berdiri

Setiap sekolah di dirikan di suatu tempat karena tempat/daerah tersebut memiliki sejarah tersendiri yang memiliki hubungan historis dengan kultur dan budaya setempat. Perkembangan suatu wilayah semakin komplek sehingga pengetahuan yang dianggap perlu tidak mungkin lagi mampu ditangani dalam lingkungan keluarga. Menelusuri sejarah awal berdirinya SMA Negeri 1 Padang Cermin bagaikan menatap masa-masa dimana sejarah berdirinya Desa Trans-AD II Hanura tahun 1966. Desa yang terbentuk sebagai bagian tak terpisahkan dengan sejarah perjuangan bangsa karena Desa Hanura merupakan Desa Transmigrasi Purnawirawan TNI Angkatan Darat dan Kodam Siliwangi, Kodam Diponegoro dan Kodam Sriwijaya.

 

SMA Negeri 1 Padang Cermin merupakan salah satu SMA Negeri yang ada di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung yang terletak di Jalan Pramuka No. 07 Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. SMA Negeri 1 Padang Cermin berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Bandar Lampung.

 

SMA Negeri 1 Padang Cermin merupakan alih fungsi dari SPG Negeri Hanura berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0342/U/1989 tanggal 5 Juni 1989 dengan nama SMA Negeri Hanura, kemudian tahun 1997 berubah menjadi SMU Negeri Hanura dan tahun 2000 berubah menjadi SMA Negeri 1 Padang Cermin.

 

SMA Negeri 1 Padang Cermin saat ini telah melaksanakan kurikulum tahun 2013, juga pada tahun 2016 menjadi sekolah induk klaster, kemudian dari tahun 2016 sampai tahun 2018 menjadi sekolah rujukan SMA di Provinsi Lampung. Dua tahun terakhir SMA Negeri 1 Padang Cermin juga melaksanakan program kewirausahaan dengan bidang keahlian membatik dan sablon.

4

Selama berdiri hingga sekarang prestasi yang dicapai baik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional telah diraih oelh siswa/siswi SMA Negeri 1 Padang Cermindan berbagai prestasi lainnya dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

 

Saat ini SMA Negeri 1 Padang Cerminmemiliki 25 rombongan belajar yang terdiri dari program/peminatan MIPA dan IPS, dimasa yang akan datang akan memenuhi 27 rombongan belajar dengan berbagai fasilitas belajar yang memadai.

 

Sejalan dengan kemajuan zaman, maka SMA Negeri 1 Padang Cermin berupaya untuk menata diri untuk memberikan layanan pendidikan yang bermutu dengan penguasaan kompetensi pengetahuan, kompetensi ketrampilan dengan mengedepankan tumbuh dan berkembangnya budaya-budaya baik yang mencerminkan nilai-nilai karakter bangsa melalui kegiatan olah rasa (estetika), olah hati (etika) olah pikir (literasi) dan olah raga (kinestetika).

 

B. Sejarah Kepemimpinan Sekolah

1.    Drs. Muchlas. SD                                 : Periode 1975 sampai dengan 1982 (SPG)

2.    Dra. Margoto. RS                                : Periode 1982 sampai dengan 1987 (SPG)

3.    Saridja, BA                                            : Periode 1987 sampai dengan 1989 (SPG)

4.    Drs. Ahmad Muchsin                                       : Periode 1989 sampai dengan 1991 (SPG/SMA)

5.    Drs. Amami Amila                              : Periode Juli 1991 sampai dengan Nopember 1991

6.    Dra. Hj. Fatma Asri                             : Periode 1991 sampai dengan 1997

7.    Drs. Soegiarto                                                     : Periode 1997 sampai dengan 2004

8.    Drs. Hi. Damhuri Matsir                                   : Periode 2004 sampai dengan 2006

9.    Drs. R Mustika Setiawan                   : Periode 2006 sampai dengan 2007

10.         Dra. Enie Augus Junaety                            : Periode 2007 sampai dengan 2017

11.         Achmad Imanuddin, S.Pd.MM                 : Periode 2017 sampai dengan 2020

12.         Tamzir Zamka, S.Pd                                      : Periode 2020 sampai dengan sekarang

 

5

C. Profil Sekolah

1. Identitas Sekolah

Nama Sekolah

SMA Negeri 1 Padang Cermin

NSS

3011 2011 6079

NPSN

10800705

Jenjang Pendidikan

SMA

Setatus Sekolah

Negeri

Tahun Berdiri

1989

 

2. Lokasi Sekolah

Alamat

Jalan Pramuka No. 07

Dusun

D

Desa

Hanura

Kode Pos

35454

Kecamatan

Teluk Pandan

Kabupaten

Pesawaran

Provinsi

Lampung

 

3. Data Pelengkap

SK Alih Fungsi

Mendikbud Nomor : 0342/U/1989

Tanggal SK Alih Fungsi

5 Juni 1989

Status Kepemilikan

Hak Pakai

Akreditasi

“ A “

SK Akreditasi

BAN-SM Nomor : 968/BAN-SM/SK/2019

Tanggal SK Akreditasi

5 Nopember 2019

Luas Tanah Milik

 

Luas Tanah Bukan Milik

0 M2

NPWP

 

6

4. Kontak Sekolah

Nomor Telephon Sekolah

 

Call Center Sekolah/WA

0822-7875-5949

Nomor Fax

-

Email

Sman1pancer@gamil.com

Website

Smansapadangcermin.sch.id

Instagram

@sman1pancer

Facebook

 

 

5. Data Periodik

Waktu Belajar

Pagi sampai sore

Hari Belajar

5 Hari Kerja (Senin s.d Jumat)

Daya Listrik

30 KVA

Sumber Listrik

Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Akses internet

Telkom

Sumber Air

Sumur Bor dan sumur gali

 

D. Tugas Pokok dan Fungis

1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

 

TUGAS POKOK

1.         Menyusun program kerja Wk bidang Kurikulum

2.         Penetapan kebijakan mutu dalam standar : SKL, Isi, Proses, dan penilaian

3.         Menyusun rencana penilaian hasil pembelajaran

4.         Menyusun program, mengatur pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran

5.         Menyusun pembagian tugas guru, jadwal pelajaran, dan absensi kehadiran guru

6.         Mengelola informasi dan website bidang peningkatan mutu pembelajaran

 

7

7.         Menyusun jadwal dan pelaksanaan penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian kenaikan kelas serta ujian akhie sekolah dan nasional

8.         Menyusun anggaran kegiatan

9.         Menerapkan kriteria persyaratan naik/tidak naik dan kriteria penjurusan serta kriteria Kelulusan

10.    Mengatur jadwal penerimaan buku laporan hasil belajar dan ijazah

11.    Mengkoordinasikan, membimbing dan mengarahkan dalam penyusunan administrasi/dokumen guru

12.    Membimbing guru dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran

13.    Membina kegiatan MGMP/MGBK

14.    Menyusun laporan pendayagunaan MGMP/MGBK

15.    Melaksanakan pemilikan guru berprestasi

16.    Membina kegiatan lomba-lomba bidang akademik, seperti: LPIR, OSN, Debat bahasa, Mengarang, dan lain-lain

17.    Melaksanakan dan menyusun jadwal pelajaran tambahan

18.    Menyusun dan melaporkan persentasi kehadiran guru dalam KBM

19.    Membuat jadwal pelaksanaan pembagian raport

20.    Mengkoordinasikan Penyusunan dan Revisi Kurikulum Sekolah

21.    Memberikan pelayanan klinik akademik kepada para siswa sesuai kebutuhannya dengan jadwal yang disepakati di luar jam pelajaran

22.    Berkoordinasi dengan Waka bidang yang relevan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari

23.    Melaksanakan pelaporan pelaksanaan program secara berkala kepada kepala sekolah

24.    Melaporkan hasil dan target kelulusan kepada kepala sekolah

 

WEWENANG

1.         Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah tidak berada di tempat

 

TANGGUN JAWAB

1.          Bertanggung jawab terhadap kelancaran dan ketertiban kegiatan pembelajaran (KBM)

 

8

TUGAS TAMBAHAN

1.    Operator Dapodik

2.    Bimbingan dan Pengurusan masuk Perguruan Tinggi

 

2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

 

TUGAS POKOK

1.         Menyusun program kerja pembinaan kesiswaan

2.         Menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB)

3.         Menyelenggarakan kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

4.         Mengkoordinir pelaksanaan pemilihan kepengurusan OSIS

5.         Melaksanakan bimbingan, pengarahan, pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah

6.         Merancang, merevisi dan mengawasi pelaksanaan tata tertib sekolah

7.         Mengkoordinir dan bertanggung jawab pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin

8.         Mengkoordinir pelaksanaan peringatan hari-hari besar nasional

9.         Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi

10.    Menyusun dan merealisasikan anggaran kegiatan kesiswaan

11.    Menyusun program dan jadwal pembiaan siswa secara berkala dan insidental

12.    Bekerja sama dengan guru BK dan wali kelas melaksanaan pembinaan terhadap siswa secara berkala dan insidental

13.    Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kesehatan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan dan kekeluargaan (7 K)

14.    Melaksanakan/eksekusi/tindakan terhadap pelanggaran tata tertib sekolah

15.    Bekerjasama dengan guru BK melakukan pendataan dan upaya tindakan terhadap siswa dengan keterbatasan tertentu

16.    Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon-calon siswa penerima beasiswa

17.    Pengadaan pembinaan dan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah  dalam bidang akademik dan non akademik: OSN, O2SN, FLS2N, Pramuka, ROHIS dan lain-lain

9

18.    Mengatur mutasi siswa

19.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan keiswaan

20.    Menyusun program dan mengkoordinir kegiatan ekstrakurikuler

 

WEWENANG

1.         Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah tidak berada di tempat

 

TANGGUNG JAWAB

1.         Bertanggung jawab terhadap ketertiban dan penegakan tata tertib sekolah

 

TUGAS TAMBAHAN

1.         Menyusunan kepanitiaan kegiatan sekolah

2.         Pengelola dana PGRI

 

3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras

 

TUGAS POKOK

1.         Membuat dan menyusun program kerja tahunan kegiatan sekolah di bidang sarana dan prasarana dan mengkoordinir serta mengawasi pelaksanaanya

2.         Melakukan inventarisasi dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana baik yang berhubungan langsung dengan kelancaran KBM atau yang bersifat mendukung KBM

3.         Melakukan inventarisasi terhadap keberadaan sarana dan prasarana secara berkala untuk kemudian dilakukan pemilihan apakah barang itu layak pakai, habis pakai, dan sebagainya

4.         Menlakukan pengendalian APBS dalam bidang sarana dan prasarana

5.         Menyiapkan perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah yang dikelola oleh bagian tata usaha

6.         Melakukan koordinasi dengan para wakil kepala sekolah untuk organisasi/kerja dan atau pihak lain dalam rangka pelaksanaan kegiatan sekolah di bidang sarana dan prasarana

7.         Bekerja sama dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan 7 K

8.         Berkoordinasi dengan kepala sekolah merancang dan pengadaan sarana pembelajaran

 

10

9.         Merencanakan dan mengatur pelaksanaan rehabilitasi atau pemeliharaan gedung, ruang, halaman, meubeler, dan lain-lain

10.    Membuat laporan mengenai pelaksanaan tugas kepada kepala sekolah secara berkala

11.    Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan komite sekolah dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas bidang sarana dan prasarana

 

WEWENANG

1.         Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah tidak berada ti tempat

2.         Bekerjasama dengan bagian tata usaha menyusun dan mengatur jadwal petugas pelaksana kebersihan

3.         Mengatur efektivitas penggunaan sarana dan prasarana sekolah

 

TANGGUNG JAWAB

1.         Bertanggung jawab atas tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah baik yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan KBM maupun yang mendukung pelaksanaan KBM

2.         Bertanggung jawab atas terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman

3.         Bertanggung jawab atas koordinasi dan pengawasan tugas-tugas pekerjaan bidang sarana dan prasarana (pengadaan dan pemeliharaan sarana fisik, sarana dan prasarana pendukung KBM, pengelolaan invertarisasi, dan mengelola Anggaran Rumah Tangga Sekolah)

 

TUGAS TAMBAHAN

1.         Pengelola Dana BOS

2.         Pengelola Buku Siswa

3.         Pengelola Aset Sekolah

 

 

 

 

11

4. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

 

TUGAS POKOK

1.         Menyusun program kerja tahunan bidang hubungan masyarakat

2.         Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan lingkungan sekolah, dewan sekolah

3.         Membina hubungan antara sekolah dengan orang tua/wali siswa

4.         Membina dan mengembangkan antara sekolah dengan lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, dan lembaga sosial

5.         Mengadakan kerjasama dengan komite sekolah atau orang tua/wali siswa

6.         Merencanakan kegiatan komite sekolah berdasarkan hasil musyawarah dengan pengurus komite sekolah dan orang tua siswa

7.         Membantu wilayah lingkungan sekolah dalam kegiatan sosial dan kegiatan-kegiatan lainya

8.         Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah

9.         Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler

10.    Menyusun program kegiatan bakti sosial, karya wisata, dan pameran hasil pendidikan

11.    Menginformasikan prestasi yang diraih keluarga besar sekolah melalui media masa

12.    Menampilkan profil sekolah melalui medai internet (website sekolah)

13.    Mengkoordinasikan kegiatan koperasi sekolah, dharma wanita serta kelompok usaha lain yang ada di sekolah

14.    Sebagai pusat informasi sekolah

15.    Menyusun laporan kegiatan secara berkala

16.    Melaksanakan tugas lainya yang bersifat positif yang ditugasi oleh kepala sekolah

 

WEWENANG

1.         Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah berhalangan untuk menghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum dengan instansi lain

 

TUGAS TAMBAHAN

1.         Operator Dapodik

2.         Bimbingan dan Pengurusan masuk Perguruan Tinggi

3.         Pengelola Kantin Sekolah

 

 

 

 

12

5. Wakil Kepala Sekolah Bidang Manajemen Mutu

 

TUGAS POKOK

1.         Menyusun program kerja tahunan sekolah

2.         Melaksanakan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan sistem manajemen mutu

3.         Melakukan koordinasi penyusunan dokumen sistem manajemen mutu

4.         Mengkoordinir pemeliharaan dokumen/rekaman

5.         Melaksanakan dan mengkoordinasikan administrasi sistem manajemen mutu

6.         Mengkoordinasikan pelaksanaan audit internal/eksternal

7.         Melaporkan hasil pelaksanaan audit

8.         Merancang dan menyelenggarakan diklat/workshop pembelajaran

9.         Mengkoordinir kegiatan tinjauan manajemen

10.    Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan oleh kepala sekolah yang berkaitan dengan penjaminan mutu diklat

 

WEWENANG

1.         Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah tidak berada ti tempat

2.         Berkoordinasi dengan seluruh wakil kepala sekolah dalam melaksanakan tugas sehari-hari

 

TUGAS TAMBAHAN

1.         Menyusun Kurikulum Sekolah

2.         Merencanakan, mengkoordinir dan melaksanakan Penilaian Kinerja Guru (PKG)

3.         Mengkoordinir dan melaksanakan pengisian dan penilaian e-kinerja pegawai

4.         Mengkoordinir pelaksanaan pemenuhan dokumen sekolah

 

TUGAS TATA USAHA

Berdasarakan struktur organisasinya tata usaha terbagi dalam berbagai sub bagian yang mana setiap sub bagian memiliki rincian tugasnya msing-masing. Berikut beberapa tugas tata usaha menurut sub bagiannya:

 

13

6. Tata Usaha

1.   Kepala TU (Tata Usaha)

            a.       Menyusun program kerja tahunan Ketatausahaan

           b.       Menyusun pembagian tugas tenaga kependidikan (pegawai)

            c.       Mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan organisasi/instansi

           d.       Membina dan mengembangkan karier pegawai tata usaha.

            e.       Memberikan penilaian hasil kinerja karyawan (pegawai)

            f.        Mengatur pengurusan kepegawaian

            g.       Membina dan mengembangkan tugas-tugas ketatausahaan

           h.       Meneliti dan setelah itu membuat surat, bagus surat masuk ataupun surat keluar sesuai dengan disposisi/instruksi Kepala Sekolah.

             i.        Membantu mengelola keuangan

             j.        Membagi tugas tata usaha dan pembantu pelaksana

            k.       Mengawasi dan mengendalikan penggunaan alat-alat sekolah

             l.        Membantu Kepala sekolah dalam penyusunan RAPBS

          m.      Pemberkasan dan pengurusan sertifikasi guru, Tamsil dan tunjangan kinerja (Tukin)

           n.       Mengkoordinir tugas-tugas tata usaha dalam layanan administrasi sekolah

           o.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan seara berkala

           p.       Bertanggung jawab atas penggunaan stempel sekolah.

 

2. Seksi Keuangan/Pemegang dana BOS

         a.         Membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ) keuangan

         b.         Membuat usulan kebutuhan belanja rutin/ATK/sarpras/pemeliharaan sekolah dll

          c.         Membukukan semua keuangan BOS/BOSDA, gaji dan kesra

         d.         Merekap daftar hadir pegawai

         e.         Mengambil dan menyimpan dan BOS/BOSDA

          f.          Mengambil dan membayarkan gaji dan kesra karyawan

         g.         Membayar belanja dari dana BOS/BOSDA

         h.         Membuat SPJ penggunaan dana BOS/BOSDA

          i.          Menyusun penilaian kinerja bulanan

14

3. Seksi Keuangan/Pembantu Bendaha Komite Sekolah

         a.         Mengetik/membuat surat-surat

         b.         Menerima iuran dana komite sekolah

          c.          Membantu mengerjakan pembukuan komite sekolah

         d.         Mengambil dan membayarkan gaji dan kesra karyawan

 

4. Seksi Sarana dan Prasarana (Inventaris)

         a.         Pelayanan penggunaan barang inventaris

         b.         Mengusulkan penghapusan barang inventaris

          c.         Laporan inventaris barang secara berkala

         d.         Membuat daftar kebutuhan barang

         e.         Mencatat barang yang masuk ke buku penerimaan

          f.          Mencatat barang yang rusak berat, rusak ringan ke dalam buku keadaan barang

         g.         Menyimpan dokumen barang inventaris

         h.         Mencatat barang inventaris ke buku induk inventaris

          i.          Mencatat barang yang diperbaiki ke dalam buku perawatan

          j.          Menyimpan, merawat, dan memperbaiki barang inventaris

          k.         Memberikan nomor kode (barkot) barang inventaris

          l.          Membuat daftar barang inventaris tiap ruang

 

5. Seksi Kepagawaian

         a.         Pelayanan umum administrasi kepegawaian

         b.         Membuat SKP (e-kinerja) tahunan pegawai

          c.         Membuat laporan kepegawaian sesuai permintaan dinas atau secara berkala

         d.         Mengumpulkan data kegepawaian

         e.         Memasukkan data kepegawaian ke buku induk pegawai

          f.          Membuat SK pembagian tugas pegawai

         g.         Membuat analisa kebutuhan pegawai

 

15

         h.         Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) tahunan

          i.          Membuat data statistik keberadaan pegawai

          j.          Membuat buku kontrol kenaikan pangkat dan gaji berkala

          k.         Mengusulkan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala, serta tanda penghargaan penagbdian

          l.          Membuat rekapitulasi kehadiran pegawai

 

6. Agenda dan Arsip

         a.         Menulis papan statistik

         b.         Pelayanan surat-menyurat

          c.         Membuat lembar disposisi pada surat masuk

         d.         Mengagendakan surat masuk dan surat keluar

         e.         Menyimpan atau mengarsipkan surat masuk dan surat keluar pada file susuai dengan kelompok/klasifikasi surat

          f.          Mengarsipkan dan merawat keutuhan dokumen

         g.         Melayani legalisasi

         h.         Pengetikan persuratan dan membantu operator komputer

          i.          Membantu dan melaksanakan tugas lain yang relevan yang diberikan atasan langsung

 

7. Seksi Kesiswaan

            a.                   Mengurus/mengerjakan buku induk siswa

           b.                   Menyiapkan dan mengisi  buku klaper

            c.                   Mengurusi presensi siswa dan jurnal kelas

           d.                   Mengerjakan leger nilai

            e.                   Membuat data statistic dan rekapitulasi  siswa tiap bulan

            f.                    Mengelola administrasi beasiswa

            g.                   Menangani pengarsipan dokumen kesiwaan

           h.                   Membantu dan melaksanakan tugas lain yang relevan yang diberikan atasan langsung .

 

16

8. Fungsi Tata Usaha

         a.         Dalam menjalankan tugasnya, tata usaha menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

         b.         Pelayan informasi

          c.         Pelaksanaan urusan keuangan

         d.         Koordinasi penyusunan rencana, evaluasi program dan anggaran, serta laporan

         e.         Penyusunan organisasi dan tata laksana

          f.          Pengelolaan urusan kepegawaian dan persuratan

         g.         Penyusunan peraturan

         h.         Pelaksanaan urusan ketatausahaan, rumah tangga, perlengkapan, dan pengelolaan barang milik sekolah

 

9. WALI KELAS

         a.         Pengelola kelas

         b.         Mengenal dan memahami situasi kelasnya

          c.          Menyelenggarakan Administrasikan kelas

         d.         Memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh baikdi sekolah maupun di luar sekolah

         e.         Memantapkan siswa di kelasnya, dalam melaksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib baik di sekolah maupun di luar sekolah

          f.          Menangani / mengatasi hambatan dan gangguan terhadap kelancaran kegiatan kelas dan atau kegiatan sekolah pada umumnya

         g.          Mengerahkan siswa di kelasnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah

         h.         Membimbing siswa kelasnya dalam melaksanakan kegiatan Ekstrakurikuler

          i.          Melakukan Home Visit ( kujungan ke rumah / oang tua ) atau keluarganya

          j.          Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi siswa di kelasnya

          k.         Mengisi/membagikan Buku Laporan Pendidikan (Rapor) kepada Wali siswa.

          l.          Mengajukan saran dan usul kepada pimpinan sekolah mengenai siswa yang menjadi bimbingannya

        m.        Mengarahkan siswa agar peduli dengan kebersihan dan peduli dengan lingkungannya

         n.         Membuat Laporan tertulis secara rutin setiap bulan

17

10. GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

         a.         Membuat rencana kerja Bimbingan dan Konseling

         b.         Mengadakan konsultasi dengan siswa untuk memecahkan masalah siswa

          c.         Mengadakan konsultasi dengan orang tua siswa berkaitan dengan persoalan yang dihadapi siswa

         d.         Mengadakan bimbingan terhadap siswa tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran

         e.         Membantu  mengembangkan kehidupan pribadi yaitu suatu pelayanan yang membantu  peserta didik memhami akan diri sendiri, terkait bakat, minat, potensi,  dan sebagainya.

          f.          Memberikan masukan dan saran kepada kepala sekolah dalam hal yang sangat penting tentang siswa

         g.         Bekerjasama dengan wali kelas mengadakan home visit untuk siswa yang mengalami permasalahan di sekolah

         h.         Mencatat (merekap) semua kasus siswa dan penyelesaiannya dalam kartu identifikasi siswa (buku poin)

          i.          Bekerjasama dengan wali kelas dalam menentukan nilai sikap yang dicapai siswa

          j.          Bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial untuk membantu memecahkan persoalan siswa

         k.         Menginventarisir kaemajuan atau hambatan-hambatan yang dialami siswa untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa dan sebagai bahan masukan untuk dipergunakan dalam meninjau kasus dan pemecahan masalahnya

          l.          Membantu mengembangkan kehidupan sosial yaitu  pelayanan yang membantu peserta didik memahami, menilai, serta  mengembangkan keadaan sosial mereka. Hal ini dilakukan terutama kepada  peserta didik yang terkesan sulit untuk bersosial dengan lingkungan  mereka sendiri

        m.        Membantu mengembangkan kemampuan belajar,  pelayanan yang dilakukan untuk membantu menjadikan peserta didik mandiri dalam belajar  terutama dalam mengikuti pembelajaran di sekolah

         n.         Membantu  mengembangkan karir, pelayanan ini adalah pelayanan yang tidak bisa  dimulai tanpa dilakukan pengembangan-pengembangan yang lain

 

18

11. GURU PIKET

         a.         Bertangung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar di sekolah pada waktu piket

         b.         Meningkatkan pelaksanaan 7 K

          c.          Melakukan pengecekan kebersihan tiap kelas sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai

         d.         Mengambil tindakan yang diperlukan untuk ketertiban dan keamanan sekolah

         e.         Mendistribusikan tugas atau mengisi kelas jika terdapat guru yang berhalangan hadir

          f.          Bertangung jawab atas pelaksanaan penaikan bendera dan penurunan bendera

         g.          Mencatat nama Guru dalam hal kehadiran, ketidak hadiran, keterlambatan atau Guru meninggalkan sekolah pada saat yang bersangkutan ada jadwal pembelajaran

         h.         Mencatat siswa yang datang terlambat, yang tidak hadir atau yang pulang sebelum waktunya

          i.          Menegur, memperingatkan dan mencatat siswa yang melanggar tata tertib sekolah dalam Buku Pelanggaran Tata terib dengan Sistem Point dan melaporkannya kepada Wali Kelas serta Kepala Sekolah

          j.          Menerima dan melayani tamu yang berkepentingan dengan sekolah atau dengan siswa serta mempersilakan untuk mengisi buku tamu

          k.         Memberikan surat ijin kepada siswa untuk selanjutnya diketahui oleh Kepala Sekolah apabila siswa benar-benar dalam keadaan sakit atau karena sesuatu hal yang sangat penting sehingga harus meninggalkan jam pelajaran

          l.          Mengatur ketepatan waktu jam pelajaran, pergantian jam dan atau saat berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar

        m.        Mengisi buku piket dan agenda kehadiran guru sesuai jadwal pelajaran

         n.         Mencatat dalam buku piket semua yang terjadi di sekolah selama bertugas

         o.         Melaporkan kepada kepala sekolah/wakil kepala sekolah hal-hal yang dianggab penting

         p.         Datang lebih awal dn pulang paing akhir

 

19

12. GURU MATA PELAJARAN

            a.       Membuat program tahunan - semester dan rencana pembelajaran setiap tatap muka.

           b.       Melaksanakan proses pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan memberi pengalaman belajar.

            c.       Bertanggung jawab atas pencapaian target baik target kurikulum maupun target nilai ulangan umum setiap semester.

           d.       Mengisi daftar nilai dan mencatat absensi tatap muka.

            e.       Mencatat dan melaporkan hasil kesulitan belajar siswa yang bersifat khusus kepada wali kelas (dapat diteruskan kepada kepala sekolah bila perlu).

            f.        Bersedia menggantikan guru (menginval) yang berhalangan hadir sesuai yang diatur oleh kepala sekolah.

            g.       Menyelesaikan sendiri masalah siswa yang berkaitan sengan mata pelajaran yang diajarkan.

           h.       Mengadakan ulangan - memeriksa dan mengambilkan hasil pekerjaan kepada siswa.

             i.        Membuat catatan kegiatan harian (agenda mengajar).

             j.        Membuat rencana kokulikuler.

            k.       Membuat rencana pengayaan / perbaikan (remidial).

             l.        Membuat soal ulangan dan mengarsipkan sebagai bank soal.

          m.      Membuat soal ulangan semester dan mengarsipkan sebagai bank soal.

           n.       Membuat laporan kegiatan belajar antara lain:

a.        Target kurikulum

b.        Daya serap

c.         Analisis hasil evalusi pembelajaran

 

 

 

 

20

13. KOORDINATOR PERPUSTAKAAN

a. Perencanaan

1.         Membuat perencanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan pada awal tahun pelajaran.

2.         Mendayagunakan semua sumber yang ada .

3.         Mengadakan koordinasi dan pengawasan terhadap semua kegiatan perpustakaan

4.         Mengadakan pembinaan terhadap anggota pustaka

5.         Membuat kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu sehubungan dengan pembinaan dan pengembangan perpustakaan.

6.         Melakukan kerjasama dengan perangkat sekolah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan perpustakaan.

7.         Mengadakan penilaian terhadap penyelenggaraan perpustakaan.

8.         Mengadakan hubungan kerja sama dengan pihak luar / perpustakaan lain dalam upaya pengembangan perpustakaan

9.         Membuat laporan kegiatan perpustakaan pada akhir tahun ajaran.

 

b. Pelayanan Teknis

1.         Merencanakan dan melakukan pengadaan bahan-bahan pustaka sesuai dengan kebutuhan.

2.         Mengiventarisasi bahan-bahan pustaka ke dalam buku induk dan buku iventaris.

3.         Mengklasifikasikan bahan-bahan pustaka menurut  sistem klasifikasi tertentu.

4.         Mengkatalog dan melabel  buku-buku perpustakaan sekolah

5.         Membuat perlengkapan buku (kartu buku, barkot, slip tanggal)

6.         Menyusun koleksi/ bahan-bahan pustaka di rak menurut peraturan yang berlaku.

 

c. Pelayanan Pembaca/Sirkulasi

1.         Melayani peminjaman buku-buku

2.         Melayani pengembalian buku-buku yang telah dipinjam

3.         Memberikan pelayanan bimbingan belajar

4.         Mengadakan pembinaan minat baca

5.         Memberikan bantuan informasi kepada semua pihak.

6.         Menyusun koleksi/ bahan-bahan pustaka menurut peraturan yang berlaku

 

21

d. Pelayanan Pustaka Maya (TIK)

1.         Mendukumentasikan bahan ajar (power point), perangkat pembelajaran guru.

2.         Mendukumentasikan, PTK guru dan karya tulis siswa yang dikutsertakan dalam lomba

3.         Melengkapi Pustaka Maya dengan buku digital, bahan ajar (Materi) berupa bank informasi sesuai dengan kebutuhan guru.

4.         Mempublikasikan karya siswa dan guru, aktifitas sekolah di Web Sekolah

5.         Memberikan pelayanan dan bimbingan pada  pemakai Pustaka Maya

6.         Menata koleksi pustaka dalam server Pustaka Maya sehingga mudah ditemukan.

 

14. KEPALA LABORATORIUM IPA

1.      Menyusun rencana pengembangan laboratorium

2.      Mengembangkan sistem administrasi laboratorium

3.      Menyusun prosedur operasional standar (POS) kerja laboratorium

4.      Mengkoordinasikan kegiatan praktikum dengan guru mata pelajaran IPA

5.      Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi Laboratoorium

6.      Bertanggung jawab atas alat-alat yang rusak/ tidak berfungsi

7.      Mengecek kelengkapan /fungsi alat/ bahan sebelum dan sesudah proses pembelajaran.

8.      Bertanggung jawab atas penyimpanan, perawatan alat/bahan IPA.

9.      Merencanakan pengadaan alat dan bahan Laboratorium

10.  Menyusun jadwal kegiatan dan tata tertib penggunaan Laboratorium

11.  Mempersiapkan peralatan/bahan yang akan dipergunakan praktikum dari guru mata pelajaran

12.  Mengatur pengeluaran dan pemasukan / penyimpanan alat-alat Laboratorium

13.  Mendaftar pemakaian alat/bahan Lab yang habis pakai

14.  Membuat daftar katalog sesuai jenis alat dan bahan Laboratorium

15.  Menginventarisir dan pengadministrasian peminjaman alat-alat Laboratorium

16.  Memelihara dan memperbaiki peralatan / perkakas dan bahan Laboratorium

17.  Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Laboratorium

22

  1. Bertanggung jawab atas kebersihan ruang dan alat Laboratorium IPA

19.  Mengevaluasi kegiatan laboratorium

20.  Menyusun laporan kegiatan laboratorium

21.  Membuat laporan kegiatan laboratorium secara periodik

22.  Memantau kondisi dan keamanan bangunan laboratorium

23.  Membuat laporan bulan dan tahunan tentang kondisi dan pemanfaatan laboratorium

24.  Mengikuti perkembangan pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan

25.  Menyusun panduan/penuntun (manual) praktikum

26.  Merancang kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian

27.  Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian

28.  Mempublikasikan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja

29.  Menerapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja

30.  Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun

31.  Memantau bahan berbahaya dan beracun serta peralatan kesehatan kerja

                                                                                                                                  

15. KEPALA LABORATORIUM KOMPUTER

         a.         Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan di laboratorium

         b.         Merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan perangkat-perangkat yang diperlukan laboratorium baik hardware maupun software

          c.         Menentukan dan mengevaluasi layanan praktikum sesuai dengan kurikulum yang berlaku

         d.         Merencakan dan menyelenggarakan layanan praktikum yang berkualitas baik bagi lingkungan internal maupun eksternal

         e.         Merencanakan dan melaksanakan pengembangan laboratorium

          f.          Mengkoordinasikan kegiatan kelompok bidang minat dan kelompok bidang ilmu

         g.         Membina kemampuan teknisi

 

23

         h.         Melakukan kegiatan untuk meningkatkan layanan laboratorium

          i.          Menyusun jadwal kegiatan penggunaan laboratorium

          j.          Mengatur penjadwalan aktivitas laboratorium

          k.         Melakukan inventarisasi dan perawatan sarana dan prasarana laboratorium secara berkala

          l.          Berkoordinasi dengan guru TIK dan pengelola laboratorium lain

        m.        Membuat anggaran kegiatan laboratorium

         n.         Mengusulkan kebutuhan dan kualitas personal laboratorium

         o.         Mengkoordinir perawatan dan perbaikan komputer

 

16. PEMBINA OSIS

         a.         Membimbing siswa untuk melaksanakan pemilihan pengurus OSIS

         b.         Memberikan pengarahan/bimbingan kepada pengurus OSIS untuk membuat rencana kerja OSIS

          c.         Memberikan pengarahan/bimbingan kepada pengurus OSIS untuk melaksanakan program kerja

         d.         Menghadiri rapat-rapat yang diselenggarakan OSIS

         e.         Menyusun Program Kerja dan Jadwal Kegiatan.

          f.          Wajib hadir membimbing, membina, dan mengawasi setiap kegiatan siswa asuhannya di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

         g.         Bersama Wakil Kepala Sekolah, BP/BK menegakan disiplin dan Tata Tertib sekolah.

         h.         Bersama Waka Kesiswaan mengatur, menyelenggarakan Upacara Bendera Setiap hari Senin, dan Upacara Hari Besar Nasional.

          i.          Membina, membimbing siswa dalam keikutsertaan dalam kegiatan lomba-lomba di dalam maupun di luar sekolah.

          j.          Membina dan membimbing siswa dalam kegiatan hari besar keagamaan.

          k.         Membina dan membimbing setiap kegiatan Musyawarah  Perwakilan Kelas dan OSIS.

 

24

          l.          Bersama BP/BK menangani siswa yang bermasalah.

        m.        Bersama Pembina Lingkungan Hidup mengatur dan mengawasi kegiatan kebersihan lingkungan sekolah.

         n.         Setiap tiga bulan menyusun Progres Report dan melaporkan kepada Kepala Sekolah melalui Waka Kesiswaan. 

 

17. PEMBINA EKSTRAKURIKULER

         a.         Menyusun program kerja dan jadwal kegiatan

         b.         Wajib hadir membimbing, membina, melatih dan mengawasi setiap kegiatan siswa asuhannya di dalam maupun di luar lingkungan sekolah

          c.         Bersama wakil kepala sekolah, BK menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah

         d.         Bersama Wk bidang Kesiswaa berperan aktif dalam mengatur, menyelenggarakan upacara bendera setiap hari senin dan upacara hari-hari besar Nasional

         e.         Membina, membimbing siswa dalam keikutsertaan dalam kegiatan lomba-lomba di dalam maupun di luar sekolah

          f.          Membina dan membimbing siswa dalam kegiatan hari besar keagamaan

         g.         Bersama-sama dengan warga sekolah mengatur dan mengawasi kegiatan kebersihan lingkungan sekolah

         h.         Setiap tiga bulan menyusun progres report dan melaporkan kepada kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kesiswaan

          i.          Membantu menjaga ketertiban, kelancaran dan kenyamanan selama Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung

          j.          Menyelenggaraan lomba-lomba antar siswa dan kelas (olah raga, kesenian, cerdas cermat, karya ilmiah dan lain-lain) untuk mengembangkan bakat dan minat siswa

 

 

 

25

E.      Tujuan Pendidikan Menengah

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan memiliki keseimbangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terpadu dalam kehidupan sehari-hari.

 

F.       Visi

SMA Negeri 1 Padang Cermin merupakan sekolah rintisan pelaksana Kurikulum 2013 mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 sampai sekarang , selain itu juga menjadi sekolah berbasis karakter, sekolah Ramah Anak, sekolah Adi Wiyata , sekolah pelaksana SKS, Sekolah Induk Klaster, Sekolah Rujukan memunyai Visi dan Misi sebagai berikut:

 

1.   Visi SMAN 1 Padang Cermin

        â€œMENGHASILKAN INSAN YANG BERKARAKTER DAN BERPRESTASI”

Indikator VISI:

a.         Unggul dalam disiplin.

b.        Unggul dalam pengembangan kurikulum.

c.         Unggul dalam proses pembelajaran.

d.        Unggul dalam media pembelajaran.

e.         Unggul dalam  prasarana pendidikan.

f.          Unggul dalam  kelulusan.

g.         Unggul dalam kompetisi melanjutkan  ke perguruan tinggi favorit nasional maupun global.

h.        Unggul dalam prestasi akademik  maupun non akademik

i.           Unggul dalam aktivitas keagamaan.

j.           Unggul dalam kepedulian sosial dan lingkungan (pengembangan kultur sekolah)

k.         Unggul dalam pemanfaatan  teknologi informasi

l.           Unggul dalam administrasi sekolah

m.      Unggul dalam  kelembagaan sekolah dan manajemen sekolah.

n.        Unggulan dalam berbudaya lingkungan

 

26

G.     Misi dan Moto

Misi

1.    Melaksanakan tugas dengan penuh disiplin  yang dilandasi kesadaran dan  rasa tanggung jawab tinggi

2.    Menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efesien baik secara vertikal maupun horizontal

3.    Melaksanakan pengembangan  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

4.    Memberikan layanan pendidikan ,pembelajaran, bimbingan karir, yang bermutu sesuai tingkat perkembangan peserta didik

5.    Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.

6.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta  didik berkembang seccara optimal sesuai  dengan potensinya yang akan dijadikan bekal untuk hidup di masa yang akan datang sebagai insan yang bertanggung jawab dan mandiri

7.    Melengakapi sarana  untuk media pembelajaran

8.    Melaksanakan pengembangan/menambah sarana prasarana pendidikan/sekolah

9.    Mengusahakan kelulusan 100% dengan rata-rata hasil US dan UNBK minimal 75.

10.    Mengusahakan minimal 50% lulusan terserap di PTN/PTS ternama baik Regional, Nasional atau Internasional

11.  Melaksanakan  pengembangan kegiatan-kegiatan  yang menunjang prestasi akademik

( Olimpiade, KIR, latihan UN dan SNMPTN, LCC, dll).

12.  Melaksanakan pengembangan kegiatan-kegiatan yang menunjang prestasi non akdemik  (Pramuka, ROHIS, PMR, UKS, Kesenian, Olah Raga dan lain-lain)

13.  Mengimplementasikan  penghayatan dan pengamalan ajaran agama  dalam kehidupan sehari-hari

14.  Menerapkan  metode peneladanan dan pembiasaan untuk membentuk  pribadi yang beriman  dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

15.  Melaksanakan pengembangan kultur sekolah yang mengacu pada mutu.

 

27

16.  Mengembangkan  sikap dan prilaku  yang santun, jujur, peduli,  beretika dan berestitika tinggi.

17.  Meningaktkan  kesejahteraan  pendidik dan tenaga kependidikan  secara  terus menerus.

18.  Membudayakan pelestarian lingkungan, pencegahan, penanggulangan kerusakan dan pencemaran lingkungan serta mewujudkan lingkungan yang asri,

19.  Melaksanakan  pengembangan  kegiatan  teknologi  informasi

20.  Melaksanakan pengembangan keorganisasian sekolah

21.  Melaksanakan pengembangan administrasi sekolah

22.  Melaksanakan pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan

23.  Guru melanjutkan pendidikan ke jenjang strata yang lebih tinggi untuik meningkatkan kompetensi diri

24.  Melaksanakan kegiatan tambahan  untuk pengembangan kompetensi bagi peserta didik secara periodik

25.  Melaksanakan evaluasi secara berkala terkait dengan perkembangan peserta didik (ind

26.  Melaksanakan  manajemen partisipatif

27.  Melaksanakan pengembangan otonomi sekolah (manajemen berbasis sekolah)

28.  Melaksanakan baksos dengan melibatkan masyarakat sekitar sekolah dan masyarakat secara umum secara periodik

29.  Melibatkan masyarakat sekitar dalam perayaan hari bersejarah maupun keagamaan                    

Motto

Sebagai penyemangat seluruh warga sekolah supaya mampu mendorong gerakan seluruh warganya dalam pencapaian visi sekolah.

SMANSA CERDAS BERKARAKTER

 

28

H.     Tujuan Satuan Pendidikan.

Tujuan:

1.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022 siswa mampu  melaksanakan ajaran agama dengan baik dan benar

2.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022  siswa mampu  melaksanakan  sholat Dhuhur dan sholat Jum’at berjamaah di masjid terdekat secara disiplin bagi siswa beragama Islam dan pembelajaran agama bagi siswa beragama selain Islam (Katholik, Kristen, Budha, dan Hindu)

3.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022 siswa mampu menemukan cara belajar yang efektif dan effisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

4.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022 siswa mampu mengatasi masalah diluar pembelajaran yang mempengaruhi proses dan tujuan pembelajaran secara efektif.

5.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022 siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri semakin meningkat .

6      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 dengan kerja keras siswa menjadi Juara Umum OSN tingkat Kabupaten Pesawaran bahkan Propinsi Lampung

7      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 menjadi finalis LCC 4 Pilar MPR RI tingkat Nasional

8.    Pada tahun  pelajaran 2021/2022 memiliki tim O2SN ( cabang renang, bulu tangkis, pencak silat )  yang mampu menjadi finalis di tingkat Propinsi,bahkan tingkat nasional

9      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 memiliki tim FL2SN (Tari, Solosong, Desain grafis)   yang mampu menjadi finalis  di tingkat Propinsi bahkan Nasional

10      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 memiliki tim Bahasa Inggris  (English speech ,Tim English Debate, Pelajar Pelopor) mampu menjadi juara di tingkat Propinsi

11      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 memiliki tim Debat Bahasa Indonesia  mampu menjadi juara di tingkat Propinsi

12      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 terwujudnya  atmosfir sekolah yang tertib,  aman, nyaman, dan sehat melalui gerakan ketertiban dengan slogan Budaya 3M4S (3M: Melihat, Mengambil, Membuang dan 4S :Senyum, Sapa, Salam, Sopan), Trias UKS dan  8 Gol UKS, menu jajanan bebas 5P.

 

29

13      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 terwujudnya  lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat.

14      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 konsep pendidikan adiwiyata terintergrasi dalam pembelajaran.

15      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 sekolah mampu membudayakan pelestarian lingkungan, kepekaan dalam pencegahan dan perbaikan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

16      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 sekolah mampu menjadi Adiwiyata Mandiri

17      Pada tahun  pelajaran 2021/2022 sekolah mampu mengimplementasikan jiwa kewirausahaan di sekolah

18      Mampu menciptakan ”Sekolah Ramah Anak”

19      Tenaga pendidik mampu mengembangkan model pembelajaran yang berfariatif.

20      Tenaga Pendidik dan Kependidikan mampu membuat administrasi yang baik sesuai dengan keperluan dan tupoksinya

21      Tenaga pendidik dan Kependidikan mampu bersaing dalam mengikuti lomba baik tingkat kabupaten kota, Provinsi maupun tingkat Nasional

22      Mampu memberikan layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan/atau kecepatan belajar peserta didik.

 

Indikator pencapaian:

1.   Siswa mampu  melaksanakan ajaran agama dengan baik dan benar

2.   Siswa mampu  melaksanakan  sholat Dhuhur dan Jum’at berjamaah bagi siswa beragama Islam dan pembelajaran agama bagi siswa beragama selain Islam (Katholik, Kristen, Budha, dan Hindu)

3.   Siswa mampu menemukan cara belajar yang efektif dan effisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

4.   Siswa mampu mengatasi masalah diluar pembelajaran yang mempengaruhi proses dan tujuan pembelajaran secara efektif.

5.   Siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri semakin meningkat .

6.   Sekolah menjadi Juara Umum OSN tingkat Kabupaten Pesawaran bahkan propinsi Lampung

7.   Sekolah  menjadi finalis LCC 4 Pilar MPR RI tingkat Provinsi

 

30

8.   Sekolah memiliki tem debat Bahasa Indonesia menjadi finalis dalam LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia)

9.   Sekolah memiliki tim O2SN (cabang renang, bulu tangkis, pencak silat)  yang mampu menjadi finalis di tingkat Propinsi,bahkan tingkat nasional

10.   Sekolah memiliki tim FL2SN (Tari, Solosong, Desain grafis)   yang mampu menjadi finalis  di tingkat Propinsi bahkan Nasional

11.   Sekolah  memiliki tim Bahasa Inggris  (English speech ,Tim English Debate,) mampu menjadi finalis dalam NSDC (National Schools Debating Championship) di tingkat Propinsi Lampung

11      Terwujudnya  atmosfir sekolah yang tertib,  aman, nyaman, dan sehat melalui gerakan ketertiban 3M4S (Melihat, Mengambil, Membuang, Senyum, Sapa, Salam), Trias UKS dan  8 Gol UKS, menu jajanan bebas 5P.

12      Terwujudnya  lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat.

13      Tertanamnya konsep pendidikan adiwiyata yang terintergrasi dalam pembelajaran.

14      Sekolah mampu membudayakan pelestarian lingkungan, kepekaan dalam pencegahan dan perbaikan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

15      Sekolah mampu menjadi Adiwiyata Mandiri

16      Sekolah mampu mengimplementasikan jiwa kewirausahaan di sekolah

17      Mampu menciptakan ”Sekolah Ramah Anak”

18      Tenaga pendidik mampu mengembangkan model pembelajaran yang berfariatif.

19      Tenaga Pendidik dan Kependidikan mampu membuat administrasi yang baik sesuai dengan keperluan dan tupoksinya

20      Tenaga pendidik dan Kependidikan mampu menjadi pemenang dalam mengikuti lomba baik tingkat kabupaten kota, Provinsi maupun tingkat Nasional

21      Satuan Pendidikan dapat memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik untuk menentukan dan mengatur strategi belajar secara mandiri, memperoleh kesempatan belajar dan mencapai tingkat kemampuan optimal sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan/atau kecepatan belajar, langsung mengikuti muatan mata pelajaran atau program lebih lanjut tanpa terkendala oleh peserta didik lain

 

 

31

I.        Data Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Data Peserta Didik

Data Peserta Didik Terlampir

 

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan terlampir

 

J.        Data Sarana Ruang dan Lapangan

a)                Data Ruang Belajar (Kelas):

b)               Sarana/Prasarana Sekolah Meliputi:

Gedung Permanan status hak milik, luas tanah    ..........  m2

Adapun fasilitas dan prasana pendukung yang ada pada Sekolah sebagai berikut:

a.    Ruang Kelas                                                =  27 ruang

b.   Ruang Kepala Sekolah                             =    1 ruang

c.    Musholla                                                     =    1 ruang

d.   Ruang Guru                                                 =    1 ruang

e.    Ruang TU                                                     =    1 ruang

f.     Ruang BK                                                     =    1 ruang

g.    Ruang UKS                                                  =    1 ruang

h.   Ruang OSIS                                                  =    1 ruang

i.      Ruang Pramuka                                         =    1 ruang

j.      Ruang Sanggar Seni                                  =    1 ruang

k.    Ruang Laboratorium Komputer           =    3 ruang

l.      Ruang Laboratoium IPA                          =    3 ruang

 

 

 

32

BAB III

PROGRAM KERJA SUPERVISI AKADEMIK

 

 

A.        Ruang Lingkup

Ruang lingkup program Kerja supervisi akademik di SMA Negeri 1 Padang Cermin  meliputi:

1.      Pelaksanaan KTSP

2.      Persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran oleh guru.

3.      Pencapaian standar kompetensi lulusan, standar proses, standar Isi, dan peraturan pelaksanaannya.

4.      Peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan sebagai berikut:

a)      model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses;

b)      peran serta peserta didik dalam proses pembelajaran secara aktif, kreatif, demokratis, mendidik,   memotivasi, mendorong kreativitas dan dialogis;

c)      peserta didik dapat membentuk karakter dan memiliki pola pikir serta kebebasan berpikir sehingga dapat melaksanakan aktivitas intelektual yang kreatif dan inovatif, berargumentasi, mempertanyakan, mengkaji, menemukan, dan memprediksi;

d)      keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan mendalam untuk mencapai pemahaman konsep, tidak terbatas pada materi yang diberikan oleh guru.

e)      bertanggung jawab terhadap mutu perencanaan kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya agar siswa mampu:

·       meningkat rasa ingin tahunya;

·       mencapai keberhasilan belajarnya secara konsisten sesuai dengan tujuan pendidikan;

·       memahami perkembangan pengetahuan dengan kemampuan mencari sumber informasi;

 

33

·       mengolah informasi menjadi pengetahuan;

·       menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah;

·       mengkomunikasikan pengetahuan pada pihak lain; dan

·       mengembangkan belajar mandiri dan kelompok dengan proporsi yang wajar.

5.      Kegiatan belajar mengajar dan pelaksanaan bimbingan dan konseling.

 

B.        Sasaran utama supervisi akademik .

Sasaran utama supervisi akademik adalah kemampuan-kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memanfaatkan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat. Supervisi edukatif juga harus didukung oleh instrumen-instrumen yang sesuai.

 

C.        Teknik supervisi akademik yang Digunakan

Teknik supervisi akademik ada dua, yaitu teknik supervisi individual dan teknik supervisi kelompok.

1.        Teknik supervisi individual

Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi  perseorangan terhadap guru. Supervisor di sini hanya berhadapan dengan seorang guru sehingga dari hasil supervisi ini akan diketahui kualitas pembelajarannya.

Beberapa kegitan yang dapat digolongkan sebagai teknik supervisi individual adalah::

a.        kunjungan kelas,

b.        observasi kelas,

c.         pertemuan individual,

d.        kunjungan antarkelas, dan

e.        menilai diri sendiri.

 

34

2.      Supervisi kelompok

Teknik supervisi kelompok adalah satu cara melaksanakan program supervisi yang ditujukan pada dua orang atau lebih. Guru-guru yang diduga, sesuai dengan analisis kebutuhan, memiliki masalah atau kebutuhan atau kelemahan-kelemahan yang sama dikelompokkan atau dikumpulkan menjadi satu/bersama-sama. Kemudian kepada mereka diberikan layanan supervisi sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan yang mereka hadapi. Teknik supervisi kelompok yang dapat dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Cermin yaitu:

a.        kepanitiaan-kepanitiaan,

b.        kerja kelompok,

c.         demonstrasi pembelajaran,

d.        darmawisata/karyawisata,

e.        diskusi,

f.          pertemuan guru atau rapat guru, dan

g.         mengikutsertakan guru dalam kegiatan lokakarya atau konferensi kelompok.

 

D.       Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan supervise akademik terlampir

*) Jadwal swewaktu-waktu dapat berubah

 

E.         Instrumen-instrumen supervisi akademik yang digunakan

Format-format Instrumen-instrumen supervisi akademik yang digunakan dapat dilihat pada lampiran.

 

 

 

 

35

 

BAB IV

PENUTUP

 

 

 

A. Kesimpulan

Demikian program kerja supervisi akademik ini di buat dengan harapan dapat dijadikan bahan masukan dan menjadi pedoman dalam penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan supervisi akademik dan sekaligus menjadi bahan evaluasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

 

B. Saran

Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran kiranya hasil supervisi akademik bisa dijadakan alat evalusi khususnya bagi pendidik untuk perbaikan baik admisnistrasi maupun pelaksnaan pembelajaran di dalam kelas, sehingga semakin hari kualitas pembelajaran semakin membaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

36